Adventure

Selasa, 28 September 2010

Gowes with CSG

GOWESSER 26 SEP 2010

Bingung mo kemana. Itulah pikiran dalam benakku saat pukul 24.00 WIB mengeluarkan sepeda dan perlengkapannya. Yup ngegowes malem ke tempat singgah temenku, karena klo ak masih disini pe besok pagi aku bakalan malu klo keluar rumah gak ikut kerja bakti malah “pit-pitan”. Hehehe lagian disini undangannya kerja bakti tapi kenyataanya Cuma arisan dan makan-makan. Gak ah lagian aku kan Cuma nunut ngeyup. Hehehe…

Huuuaaaah!!! Dah pagi ternyata tapi masih aja belum punya tujuan pasti untuk ngegowes kemana. Aku sms temen-temen B4F tapi tujuan mereka Cuma ke “car free day” lagi. Yadahlah yang penting jalan dulu sambil hehhehee sarapan bubur ayam depan kampus 1 UMS. “Hello Moto…” bunyi ringstone hpku, ternyata temen-temen CSG sanggir ngajak ngegowesni.

"starting point"

Setelah selesai “nyabu” ku kayuh sepedaku ke Sanggir Colomadu. Pe sana ternyata semua pada nungguin aku, hehehe lagian kalo ditanya tujuan kemana mereka belum pasti nentuin sebelum semuanya kumpul. Wah ternyata kejutan buatku tujuan kali ini. Mereka mo ngegowes ke rumahku trus dilanjut kedaerah-daerah ditempatku yang belum mereka jelajahi. Maklum mereka kan mang penjelajah, jika dibandingin ama yang ditipi-tipi itu mah mereka bukan tandingannya.

Track rekord CSG :
• Djogja : kali urang, pantai baron, pantai kukup, pantai krakal, pantai parangtritis, pantai depok.
• Kulonprogo : pantai congot, pantai glagah.
• Karanganyar : tawangmangu, candi sukuh, candi cetho, astana giribangun, hutan bromo, waduk lalung.
• Sragen : kemuning, museum purbakala sangiran.
• Boyolali : tlatar, gunungmadu, deles, selo, waduk bade, waduk kedung ombo.
• Sukoharjo : tawangsri, weru, batu seribu, waduk mulur, maka balakan mertan.
• Wonogiri : sanggang, banyubiru, wuryantoro, pracimantoro, waduk gajah mungkur.
• Semarang : papringan.
• Klaten : candi prambanan, ubul cokro, waduk jombor.
• Pacitan : pantai teleng ria.

Kerenkan mereka. Sapa yang mo gabung? Kut aja, kita ngumpul setiap minggu di desa Sanggir Colomadu. Jangan salah kalo yang laen pada keluar jam 5 atau jam 6 pagi mereka baru kumpul pukul 07.00 WIB. Tergantung juga tujuan gowes kita mo kemana. Dan jangan dikira sepeda kita sepeda berkelas, ya relative sih ada yg low end sampai high end, tapi semangat n kerjasamanyalah yg pantes di acungi jempol. Jumlah anggota CSG ada sekitar 15 orang yang masih aktif bersepeda. Terdiri dari anak sekolah pe simbah-simbah.

"at base camp, sanggir colomadu"

Tujuan kita kali ini ke daerah sukoharjo tepatnya dii rumahku yang bersebelahan dengan waduk Mulur. Kita start di sanggir Colomadu kabupaten Karanganyar yaitu perbatasan Karanganyar paling barat sendiri. Jarak dari tempat start pe rumahku kurang lebih 40km. rute kita melewati jalan raya solo Wonogiri yang merupakan jalan penghubung ke Jawatimur jalur selatan.

"perjalanan ke sukoharjo"

"break"

Setelah sampai di rumahku kita break sejenak sambil ngeteh n makan pisang rebus yang sudah disiapkan sama ibuku. Hehe mereka sungguh konyol, walaupun sudah pada berumur tapi gojekane koyo cah enom dolan nang koncone. Xixixixixi .

"at my home"

"at my home"

Selesai ngeteh kita lanjut kea rah timur lagi ke makam balakan. Yaitu makam Ki Ageng Balak yang memang dianggap kramat oleh warga sekitar yang “mungkin” disalah gunakan untuk “panjalukan” (hati-hati musyrik.red). disini ada jembatan setapak tapi lagi rusak dan relative berbahaya kalo dilewati. So kita balik lagi cari jalan yang laen.

"lintas alam"

"makam balakan, mertan"

"makam balakan, mertan"


Entahlah apa yang ada dipikiran anggota CSG ini kita jalan aja gtau ntar mblusuk kemana yang penting jalan. Alhasil kita menelusuri jalan-jalan desaku ini Mertan, sampai ke desa tetangga bendosari, jumapolo karanganyar dll. Jalur yang kita lalui cukuplah menantang dari tanjakan dan turunan juga dikanan kiri kita sawah dan ladang para petani desa setempat.

"lanjut ke arah timmur, karanganyar"

"lintas desa dan wilayah"

Kita juga perlu istirahatni karena lajur sepeda sudah pada tidak konstan lagi. Kita berhenti sejenak di tengah-tengah desa (entahlah desa apa.red). Sambil menunggu anggota lain yang tertinggal. Karena air bekalku sudah menipis tidak apalah mampir ke rumah warga sekitar buat minta “toyo pethak” hehehe air putih maksudnya.

"break"

"break"

"break"

"break"

Lanjut lagi masih ketimur yang nantinya kita nyampe didaerah seplang yg sudah masuk area Karangnyar. “Eit kok kayaknya aku ragu sama jalan yang kita ambil ini, seingatku kita harus kekiri kok ini lurus aja?” batinku menanyakan keraguanku. “hem ya sudahlah pokoknya gowes ajalah” heheehehe. Mak jeduk! Kita akhirnya menemukan juga jalan raya yang mulus naik turun dan berkelok-kelok, wuih kereeeennnn!!!! Enak banget dah jalanan mulus turunannya tajam pula tapi tanjakannya juga lumayan, hihihihi. Itu adalah jalan yang menghubungkan Karanganyar dengan daerah lereng Lawu bagian selatan yang berbatasan dengan kabupaten Wonogiri. Kita sudah menghabiskan kurang lebih 60km dari start.

"jalannya mulus, tapi....."

"...naik turun"

"break"

"joss tenan, kepyoh!"

"huft"

"huft"

"nunggu yg dibelakang"

"nunggu yg dibelakang"

Kita sudah cukup jauhlah n waktunya kembali ke daerah asal, CSG pantang yang namanya pulang melalui jalan yang sama. Kita masih menelusuri jalan pedesaan yang relative sudah baik, dan kita melewati kebun karet daerah polokarto lho. Hehe gak nyangka kita nyampe sini. Asyik uey gowes kali ini.

"break sebelum kembali pulang"

"bendahara CSG"

"mbah sumardi kalian mbah Suwarno (om lim)"


"ihir....alas karet"

"peace, go green"

"berrrrrrrr"

Aduh perut dah ulai “ngembek”ni…hehehe maksudnya pengen sate kambing. Sudah kebiasaan kalo CSG jalan jauh yang dicari pasti sate kambing, maklumlah merekakan kebanyakan sudah berkeluarga. Hehe taukan aksudnya? Tapi memang kok katanya klo kita nyate kambing tenaga kita untuk ngegowes jadi bertambah. Kita mampir ke warung sate kmabing pak Sarimin daerah ndondongan.

"ihir...makan"

"parking"

"kut bakar sate kambing ahhhh"

"ikut.....!"

"Santaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppppppppppppppp!!!!!!!"

"satu porsi masak kambing"

Waktu sudah menunjukan pukul 12.00 WIB. Wuih puanase cuyyyy. Ini ni yang kurang aku suka, waktunya kita pulang pas puanase puol kyk gini. Kita pulang melalui daerah bekonang lurus ke barat sampai Gading solo pe rumah. Wuih mengenang saat aku dari tawngmangu dulu. Gila Cuma nyebrang kota solo aja gile puanase…..
Sampe rumah di perum Nilagraha Pabelan pukul 01.00 WIB. Biyuh kulitku jadi tambah item aja nih. Dah badan letih banget, haus, pokoke cairan tubuh terkuras abis siang itu.

Petualangaku hari ini tidak sampe disini aja. Aku masih punya janji sama temenku untuk nganterin sepedanya dari klaten ke jogja. Mumpung masih panas pakaianku aku cuci dulu dengan harapan nanti sore sudah kering dan siap untuk dipakai lagi. Eh tak dinyana-nyana baru dijemur kurang lebih setengah jam udah mendung dan “mak bress” hujanpun turun dengan sangat derasnya. Alhasil sukses ujan kali ini membuat jerseyku dingin-dingin empuk.

Pukul 16.00 WIB aku berangkat naek bus ke klaten. Sialnya lagi kayakna ni bus terakhir ruamenya minta ampun, untung ak dapet tempat duduk deket pintu keluar. Mosok sampe klaten aja satu jam setengah! Lemot!. Setelah sholat magrib aku kayuh sepeda temenku (uswa.red) ke jogja. Kalo tidak salah itungan perjalanan dari klaten ke djogja kurang lebih satu setengah jam. Jalan menuju djogja relative menurun, so nikmat banget ngegowes nya…. Udah aja dulu yak? Sebenarnya untuk perjalanan ke djogja ini ada kesan lain yang lebih konyol. Hehehehe matur suwun.

By dofont red.font

2 komentar:

  1. wahh iseng2 lompat kesana kemari di beranda mbah google , ,eh nemuin ne ftoo , ,haha CSG dah di blog in jga tto mas , , hahaha , , wah di post wangktu q gak ngikutt , , , ,hahhaha

    BalasHapus
  2. iyah...sesempatnya ak bergerak aku muat diblog...ehe
    selagi bisa dinikmati nantinya...
    ayo kapan lagi?ehhehehehe

    BalasHapus