Adventure

Rabu, 29 Juni 2011

Puncak Majapahit

18-19/06/2011

Hari ini dimulai dengan cuaca yang cerah, nampak gunung lawu, pegunungan wonogiri, merapi, dan merbabu dari halaman belakang rumahku. Saat pagi hari matahari muncul disebelah utara dari puncak lawu ini menandakan bahwa musim kering, cerah, panas, dll yang jelas tidak hujan, telah datang. Disaat sore hari sunset terlihat tenggelam diantara merapi dan merbabu. Syahdu, Subhanallah.....waktu yang cocok buat berpetualang ke alam.



Sore ini teman dari jakarta mo kunjung ke solo abis melakukan perjalanan dari kep karimun jawa dan beristirahat sejenak di semarang lanjut solo.

“fajar ak tersesat sedikit di depan halte, depan rumah sakit islam”…..”ukey ak jemput” ku jinjing bawaannya serupa tas carrier 40 liter, waw kaget jg nih bawaannya berat banget bagi seorang cewek…. “isinya apaan nih?”….”ehe tak seberape Cuma beberape batu dari karimun” cakapnya dalam logat khas melayu….”heemmm, r u really?” merengutkan dahi penuh tanya…..”ahahahahhaha tidak fajar, gurau” sambil melayangkan senyum guraunya…. N than kita dinner dulu sebelum istirahat tuk lanjut perjalanan besok.

First ak cakap tentang makan cos abis perjalanan jauh “mo makan apa?”…”emmm yang ada ayamnya deh”… dengan porsi yang tidak terlalu banyak dy lahap menu ayam goreng. Yang jelas disini gak ada nasi Beriany ama teh tarik...ehehehe

"pohon diatas batu"

Rasa sejuk menusuk tulang hari ini, lumayan buat proses aklimatisasi. Waktunya breakfast buat persiapan ke puncak Hargo Dumillah. Breakfast pagi ini sebungkus nasi liwet khas pasar kleco. Baru ak tau kalo dy tidak terlalu minat sama makanan ini, dan Cuma sedikit nasi yang dy lahap. Its ukey lumayan mybe lagi diet (hem?diet?kagak lah, kagak mungkin.red). After breakfast kita caw ke cemoro sewu (pintu masuk puncak lawu.red). Dari mula dres code pendakian udah ak kenakan, Cuma dy yang kagak pake jaket, waktu sudah mendekati cemoro sewu dy baru merasa menggigil kedinginan…(”ehehe udah dibilang dr mula pake jaket kok “degel” banget nih…..”)

"pintu masuk lawu"

After semua berkumpul kita lanjut hiking ke puncak, dlm waktu normal bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4-5jam. But kita kan Cuma team horre jadi ya “santai” aj menikmati perjalanan. Alhasil kita bisa tempuh dengan waktu kurang lebih 9jam. Kita menginap di selter “warung lawu mbok yem” baru keesokan harinya pukul 05.00 kita kepuncak hargodumillah 3265 mdpl. Semaleman tan-tan ga bisa tidur, padahal sebelumnya kita sempet bercakap about iternity yang akan kita laju esoknya. Degel banget ni anak, suruh makan Cuma makan dikit banget, emang sih masakannya kurang pas bagi lidahku apa lagi lidah dy. Huft merasa bersalah nih ngajak tan-tan kesini, pokoknya harus dipaksa makan apa aj dah. Digunung gak boleh laper. Baru menjelang pagi ak bisa tidur meski cm 30 menit, untung ada Eny yang mengerti tentang masalah kewanitaan, ehehe maklum. “aku menyerahkan padamu en!”... menjelang pukul 5 ak terbangun, hemmm dikepalaku langsung tertuju ama partnerku. “hemmm mana ni anak?”....ehehe ternyata dah tidur disampingku. “really mo naik?udah sehat?kuat?”....dia hanya membalas dengan senyumannya sambil manggut-manggut....”iya sehat, kuat, ayolah...”......batinku idih comelnya... :p

"menjelang sunrice"

"puncak hargo dalem 3265 mdpl"

Kurang lebih 30 menit kita dah berada dipuncak Hargo Dumillah” Menikmati sunrice dan hamparan awan yg seakan kita berada di “negeri diatas awan”. Dari puncak ini kita bisa melihat gunung semeru, willis, pegunungan kidul, merapi, merbabu, sindoro, sumbing, slamet.

"surya majapahit"


Puas menikmati sunrice dan berfoto, kita melanjutkan perjalanan turun gunung melalui jalur cemoro kandang. Jalur cemoro kandang relatif jauh dibandingkan jalur mula kita start. Tetapi selama perjalanan kita disuguhkan dengan pemandangan alam yang luas dan jalan yang masih alami (jalan setapak.red) dengan medan tanah, batu, dan ulat bulu. Hehehehe maksutnya ada satu tempat yang banyak dihuni oleh ulat bulu. My be karena lagi musim aj kali. Lama perjalanan turun gunung ini kurang lebih 7jam, selain jalur ini lebih jauh 1.5 km dr jalur awal, saat turun pun kita juga perlu ketahanan tubuh apalagi bagian tumit.

"prajurit majapahit"

Alhamdulillah perjalanan panjangpun sudah kita lalui sore ini menjelang petang, sampailah di cemoro kandang. Kita break sejenak karena cacing-cacing dalam perut udah pada berontak pengen makan. Lagi-lagi tan-tan nafsu makannya masih kurang. Sepiring nasi goreng pun tidak habis dy lahap…ehehehe nyantai aj ad tim pembersih kok…hahahaha satu porsi sate kalinci dah abis, sisa nasi goreng pun dilahap abis ama fajar…”eman ntar ndak ayam dirumah mati”.

"sudut alam"


"porter"

Karena hari sudah larut petang maka plan kita ke candi sukuh dan candi cetho kita batalkan. Masih ada hari esok tuk lanjut perjalanan. Malam ini kita kembali kesolo tuk beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar