Adventure

Rabu, 15 Desember 2010

Gowes To Sukuh Temple - Tawangmangu

12 Desember 2010

"melepas lelah"

Bertepatan dengan test ujian masuk pegawai negeri provinsi Jateng. Ak absen dari kegiatan seperti itu tahun ini tuk daerahku. Melepas kerinduan tuk bersepeda lintas alam bersama CSG (club sepeda gunung) sanggir colomadu. Dah sekitar sebulan ini aku ndak bersepeda bersama mereka.

Rute kali ini kita pilih rute karanganyar – candi sukuh – grojogan sewu tawangmangu. Wow rute yang menantang n mengasyikkan.

Aku berangkat dari rumah sukoharjo pukul 06.00 WIB ke karanganyar tepatnya didepan kantor bupati karanganyar. Sampai disana aku menunggu rombongan CSG yang berangkat dari colomadu (karanganyar paling ujung barat.red). setelah semuanya kumpul kita lanjutkan perjalanan kearah timur ke gunung lawu, sebelumnya kita sarapan soto kwali dulu.

"join point"

Uagrrrrrrh hehe kenyang nih....kita lanjutkn perjalanan. Perjalanan kali ini didominasi dengan tanjakan yang lumayang tinggi tapi sebisa mungkin jangan sampai kita nuntun sepeda dijalanan ini, cos jln raya malu dunks kalo pe nuntun sepeda....hahahaha. duh perutku rasane gak enak bgt, mungkin karena kekenyangan tadi....udah jalanan nanjak terus, perut kenyang, gak nyaman bgt. Sesekali kita berhenti sejenak sambil istirahat n menunggu rombongan yang masih tertinggal. Hehehe kayaknya aku nih yang tertinggal dibelakang terus, maklum dah lama ga besepeda.

"gerimis"

"break"

"zig-zag"

Kalo yang sudah pernah ke tawangmangu pasti tau donk jalannya kayak apa....hehehehe pake motor aja kadang motornya ngos-ngosan palagi yang ke candi sukuh.....hahaha hati-hati rantai putus.

Akhirnya sampai juga aku di pertigaan jalan masuk ke ngargoyoso. Tujuan pertama kita ke candi sukuh (candi erotis.red). Disini kita break dulu sebelum menaklukkan tanjakan yang ekstrim....huffft disini rasa hati Cuma pengen ngeluh mulu karena tanjakan yang gada habisnya. Pastilah aku diurutan paling buncit dari kurang lebih 10 sepeda. Untung aja ada kang arif yang selalu ngancani...hehe thx bang. Sempet juga aku “nggandol” truck yang melintas, karena jalannan sempit aku tidak terlalu lama “nggandolnya”. Maklum disini mobilpun juga harus hati-hati karena jalanan sempit dan menanjak.

"zig-zag"

"buehhhhh huft"

Sebelum masuk jalan terkahir ke candi sukuh aku break lagi didepan pintu masuk retribusi wisata daerah ngargoyoso, habis sebotol air putih. Huft seger bgt airnya....gak usah dimasukin kulkas aja airnya udah dingin. Kita lanjut, di jalan ini puol tanjakan dengan kemiringan antara 30 sampai 45 derajat. Gak percaya?coba aj sendiri, banyak motor-motor yang gak kuat akhirnya mereka turun balik arah lagi. Hahahahaha gokil, disinipun mau gak mau kita harus cari strategi untuk menanklukan tanjakan ini. Kita memakai teknik zig-zag yaitu dengan mengayuh sepeda dengan zig-zag disatu jalan, dengan cara ini sedikit demi sedikit kita bisa menaklukkannya, tapi klo yang kemiringan 45 derajat, kita nyerah deh, nuntun sepeda mau gak mau.

Karena tenaga dah terkuras dengan perjalanan yang begini beratnya. Tapi candi sukuh dah terlihat diatas sana, semangat timbul lagi dan dicoba lagi dengan teknik zig-zag dan tuntun sepeda. Setelah masuk tikungan terkahir alias masuk tanjakan terakhir aku tekatkan untuk mencoba teknik zig-zag lagi pe atas candi sukuh, n alhasil aku bisa melaluinya tanpa turun dari sedel sepedaku.hahahahaha puas sekali rasanya bisa menaklukkan tanjakan ini.

"gerrrrrrr"

"finally 'sukuh temple"

"parking area"

Akhirnya sampai juga di candi sukuh yang terkenal dengan candi erotic, karena menurut legenda candi ini bisa untuk mengetes “keperawanan”. Tapi maaf tidak akan saya kutip disini searching aja di link-link wisata di blog ini, dan temukan jawabannya. Ada satu lagi candi di daerah ini yaitu candi cetho yang tidak kalah fantastiknya, kata orang-orang kalo ke candi cetho pasti akan ingat bali, karena disana seperti kampung bali, tapi untuk menuju kesana kita harus melalui jalanan dan tanjakan yang lebih ekstrim lagi dari jalanan n tanjakan menuju candi sukuh ini.

"sukuh temple"

"sukuh temple"

"entrance"

"entrance"

"sukuh temple from side"

"face"

"action"

Hemmmm kapan ya bisa kesana dengan bersepeda? (cetho temple) hahahaha.

"face"

"look side"

"bumi perkemahan ngargoyoso"

"bumi perkemahan ngargoyoso"

"bumi perkemahan ngargoyoso"

"bumi perkemahan ngargoyoso"

Setelah menikmati keindahan disekitar candi sukuh kita lanjut perjalanan ke kawasan wisata grojogan sewu tawangmangu. Ternyata dari sini ada jalan tembus yang menuju kesana. Dan lebih gila lagi jalanan ini sangatlah menantang andrenalin. Kalo nanjak kita nuntun sepeda kalo turunan kita juga nuntun sepeda, hahahaha gokil karena tanjakan dan turunan di jalur ini sangat terjal n jalanannya berfvariasi antara aspal, kerikil, dan cor beton. Tapi pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah banget so rasa lelah, capek, pegel (hehe sama aj yak.red) hilang deh. Subhanallah Maha besar ciptaan-Nya.

"track to grojogan sewu"

"polisi hutan"

"huft......"

"dehidrasi"

"polhut in action"

"rame-rame CSG"

Seandainya aku punya motor trail, ckckckckcck tambah gila aj petualanganku nantinya, karena di daerah lereng gunung lawu ini wisata alam nya banyak banget n alat transportasi yang paling cocok adalah motor trail. Kalo kita naik mobil, belum tentu mobil bisa masuk kedaerah-daerah dengan jalan sempit kayak gini. Kalo naek motor biasa, belum tentu motor itu kuat apalagi yang harus diperhatikan bener adalah rantai sepeda motor. Kalo naek sepeda gunung, enak sih kalo liat turunan, tapi klo liat tanjakan, fiuh....capek deh....enak lagi kalo waktu naek keatas tu sepeda dinaikin dulu diatas mobil, hemmmm maunya. Pokoknya motor trail......!!!!!!! catat di cita-citaku selanjutnya.

"awas turunan dan tikungan tajam!"

"uhuiy, track nya keren"

"take a break"

Kita bertolak dari candi sukuh sekitar pukul 13.15 WIB ke tawangmangu. Jalur ini baru pertama kali kita lalui, berarti maklum kita dijalan sambil nanya-nanya. Hehehe ada yang gokil ni, salah satu dari kita ada yang duluan setelah kita sesion poto-poto, nah ternyata jalan yang dia ambil keliru....hahahaha lagian siapa yang gak ngiler ditunjukin turunan yang membawa nikmat setelah kita menghabiskan tanjakan. Hahahhaa alhasil kita harus tunggu dia sampe kembali ke rombongan dan melanjutkan perjalanan.

"ngelak"

"ahihihihihihiii"

"ehm"

"sampai juga dikawasan grojogan sewu, tawangmangu"

Alhamdulillah setelah melalui tanjakan, turunan dan menikmati keindahan alamnya, sampai juga kita di area wisata grojogan sewu, tapi kita tidak masuk ke dalam karena waktu sudah menujukkan pukul 15.00 WIB. Setelah kita puas break, kita melanjutkan perjalanan pulang. Nah dari tawangmangu pe karanganyar hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit padahal kita berangkat dari karanganyar pe atas aja menghabiskan waktu sampe kurang lebih 4 jam. Maklum jalanan dari atas ke bawah alias turunan. Nah dijalanan yang seperti ini kita harus hati-hati karena jalanan sempit dan banyak tikungan dan kendaraan. Kecapatan kita bisa mencapai 60km/jam bahkan lebih dan modal penting kita adalah sistem rem yang baek. Motor, mobil, truck semua kita lancangi, sampai-sampai kita sempet denger cletukan dari pengendara yang lain, “wo!!!wong edan!!” .... “weleh kok wani yo?”.... maklum secara pengendara kendaraan yang dilalui akan ketir-ketir juga karena sepeda lajunya lebih cepat dari pada kendaraan bermesin di jalur menurun.

Setelah melalui turunan dengan kecepatan yang seperti itu, akhirnya kita break lagi untuk mengisi perut dengan menu wajib kita “sate kambing”. Kira-kira pukul 16.30 WIB kita pulang. Aku pe rumah tepat pukul 17.55 WIB dengan diiringi hujan lebat disepanjang perjalanan pulang.

Thx buat CSG atas petualangannya....Kemenakah tujuan kita selanjutnya?

By dofont red.font

3 komentar:

  1. hwaaaah aku juga pernah gowes ke sukuh, tapi kebalikanya dari air terjun ke sukuh dan cetho

    anandaranz.blogspot.com

    BalasHapus
  2. aku dan Ranz gowes dari Solo ke Tawangmangu naik sepeda lipat :) hanya berdua. mana diguyur hujan deras pula setelah lewat Karangpandan.

    Paginya kita ke Grojogan Sewu dan camping ground di atasnya. Baru keesokan harinya kita menuju Cetho dan Sukuh :)

    http://bikingjourneyofnana.blogspot.com/search/label/bikepacking

    BalasHapus
  3. salam kenal,wah mas dan mbak ini keren cerita bikepacking nya...jadi pengen lagi bikepacking tapi apa daya...
    ak dah baca sekilas blog mas ranz dan mbak nana...mantap
    ada rencana bikepacking ke bromo gak?klo ada aku dihubungi ya...ikutttt

    BalasHapus